Find What You Need | Temukan Yang Anda Butuhkan

Wednesday, June 26, 2019

SEJARAH PENERBITAN INTERNAL LEMBAGA BAHASA LIA

Blogger Widget
       Setelah semua subsidi dari USIS dihentikan, LIA sepenuhnya mandiri. Ada kesulitan mendapatkan buku pelajaran dari AS dalam jumlah besar tepat waktu untuk dibagikan kepada siswa. Pada saat itu, penggunaan metodologi pengajaran bahasa secara komunikatif sedang marak digunakan dalam kursus-kursus bahasa di AS dan negara-negara lain.

       Dengan dorongan dan dukungan Suryodipuro, Direktur Eksekutif saat itu, Bagian Pengajaran mengambil langkah berani menulis buku teks LIA sendiri. Atas inisiatif Gloria Kismadi, Siti Soeriyah, dan Maya Jayapal, proyek penulisan buku teks dilaksanakan dengan melibatkan guru-guru yang memiliki kemampuan menulis dan penguasaan teori pengajaran bahasa Inggris. Dengan demikian, seri buku LIA bertajuk Communications in English, didasarkan pada prinsip-prinsip Pengajaran Bahasa Komunikatif dalam konteks di mana orang Indonesia perlu menggunakan bahasa Inggris. Seri ini tidak hanya mencakup pembelajaran bahasa tingkat dasar hingga menengah, tetapi juga tingkat Pasca-Menengah dan Mahir.

       Peluncuran seri ini adalah awal dibentuknya Tim Penulisan Materi di bawah pemimpinan Siti Soeriyah. Selanjutnya kepemimpinan Tim dilanjutkan oleh Anneke Senduk dan pemimpin-pemimpin lain setelahnya. Dengan bergulirnya proses kreatif dan produksi, penulis dan editor direkrut secara berkala sesuai kebutuhan, untuk menulis buku-buku pelajaran dan tes-tes yang dibutuhkan oleh LIA, yang selalu disesuaikan dengan teori pengajaran bahasa terkini.

Sejak 2004, Tim Penulisan Materi dibagi menjadi tiga departemen:
  1. General English Department di bawah pimpinan Shinta Harini menerbitkan buku-buku dan tes dengan tujuan umum, untuk program-program sesuai kelompok usia: SD, SMP dan dewasa.
  2. English for Specific Purposes Department di bawah pimpinan Santi Paramitta menerbitkan buku-buku dan tes dengan tujuan khusus, seperti bahasa Inggris untuk perawat, untuk juru masak, untuk guru, untuk bisnik, untuk percakapan, dll. 
  3. Test Development Department di bawah pimpinan Pranawangsih Yuniarhutari menerbitkan tes kemampuan dan buku-buku persiapan ujian untuk memenuhi kebutuhan tertentu seperti: melanjutkan studi, melamar pekerjaan, pengembangan profesional, dll
       Setelah semua kemajuan dan berbagai pencapaian melalui perjalanan panjang dan kerja keras tanpa akhir, adalah tugas dan tanggung jawab kami untuk terus menerbitkan buku pelajaran dan tes kami sendiri.

No comments:

Post a Comment